Uncategorized

Bupati Dairi Gaungkan Program Kerjasama Dengan Pemko Medan (Adventorial)

DAIRI, pelitarakyat.com- Komitmen Bupati Dairi Dr Eddy Berutu dalam mewujudkan visi misinya menuju Dairi unggul mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman terus digaungkan. Bupati Eddy Berutu selalu mencari cara agar program itu terwujud.

Secara khusus yang diprioritaskan adalah meningkatkan ekonomi petani. Sebab di Dairi masyarakat menggantungkan ekonominya dari sektor pertanian. Programnya pun tidak tanggung-tanggung. Bupati mencari lahan untuk dijadikan kawasan pertanian terpadu.

Salah satunya KPT Parbuluan V. Dan saat ini, lahan di Parbuluan V sudah ada 22 hektar ditanami cabai dan kentang.

Iklan

Tak hanya menanam holtikultura, Bupati Eddy Berutu pun sudah melakukan kerjasama antar daerah dengan Pemko Medan. Dalam kerjasama itu, produk holtikultura dari kabupaten Dairi akan di kirim ke kota Medan dengan harga yang terjamin.

” Kami sangat bangga, Pemkab Dairi diberikan kepercayaan oleh walikota Medan Bobby Nasution untuk memenuhi kebutuhan makanan holtikultura untuk kota Medan,” kata Eddy Berutu usai mendatangani kerjasama dengan walikota Medan di pusat layanan usaha terpadu (PLUT) Sidikalang, Senin (6/02/2023).

Penandatanganan tersebut juga disaksikan kepala perwakilan Bank Indonesia Ibrahim, sekda Dairi Budianta Pinem, Kepala Dinas Pertanian Robot Simanullang, Kepala Disperindag dan UMKM Iwan Taruna Berutu, Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Medan, koperasi Aur Dairi Botanikal, ketua kadin kota Medan Arman Candra, Para Camat, dan kepala Desa di Parbuluan V.

Menurut Bupati kerjasama dengan walikota Medan juga sebagai salah satu upaya pemerintah kota dalam menindaklanjuti arahan presiden Jokowi untuk mengatasi ancaman inflasi.

Iklan

” Inflasi sedang mengintip kita semua. Jadi kita lakukan kerjasama ini. Secara neraca kabupaten Dairi surplus dari pertanian seperti jagung, beras, holtikultura seperti cabai, kentang. Tetapi kita ingin juga membantu saudara kita di daerah yang geografisnya tidak memungkinkan sehingga selain mensejahterakan petani tetapi juga sekaligus mendukung ketersediaan bahan pokok untuk menjaga kestabilan harga,”kata Bupati Eddy Berutu.

Baca Juga  Musrenbang RKPD Tahun 2025, Bupati Eddy Berutu : Fokus Pembangunan Diarahkan Kepada 3 Prioritas

Bupati pun mengatakan kerjasama ini sebagai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Dairi.

” Kita ingin melihat bagaimana petani ekonomi meningkat,”ucapnya.

Sementara itu, Bobby Nasution pada momen tersebut mengapresiasi langkah luar biasa yang dilakukan Bupati karena berupaya untuk mewujudkan program kerjasama dimaksud.

“Saat di Jakarta, kami mendapatkan arahan dari bapak presiden untuk mengendalikan inflasi. Setelah itu bapak bupati mengajak saya berbincang berdua dan terbahaslah penandatanganan ini. Terima kasih Pak Bupati, masyarakat kota Medan sangat terbantu dengan adanya perjanjian kerjasama ini,”kata Bobby Nasution menerangkan awal terjadinya kerja sama.

Dikatakan Bobby Nasution, kota Medan angka inflasi ya 85%. Jika pemerintah kota Medan tidak tanggap dalam hal ini, tentunya akan sangat berpengaruh khususnya untuk Sumatera Utara. Oleh karena itu, Bobby menyampaikan sangat berterima kasih kepada bapak bupati Dairi, mengingat kota Medan tidak ada penghasil pangan.

” Kami Ibu kota provinsi, kebutuhan masyarakat di kota Medan harus sebisa mungkin dipenuhi. Kalau tidak ada yang suplai bahan pangan, maka kota Medan akan lumpuh karena daerah kami bukan penghasil pangan. Kerjasama ini akan diperuntukkan bagi masyarakat dan petani Dairi bukan hanya untuk masyarakat kota Medan. Semoga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dapat menurunkan inflasi. Kerjasama antar daerah ini harus didukung oleh seluruh sektor,”ujar Bobby Nasution.

Baca Juga  Siap Beroperasi, Bupati Eddy Berutu Ingin Pelabuhan Silalahi Bisa Dukung Gelaran World Aquabike

Usai mendatangani kerjasama Bupati Dairi secara simbolis melepas sebanyak 1,5 Ton cabai merah ke kota Medan, Senin (6/02/2023). Pelepasan cabai merah dilakukan di gedung PLUT dalam acara penandatanganan MoU Pemkab Dairi dan Pemko Medan dalam hal penanganan inflasi.

Kunjungan KPT di Parbuluan usai mendatangani kerjasama, Bupati Dairi Eddy Berutu dan walikota Medan Bobby Nasution mengunjungi lokasi di kawasan pertanian terpadu (KPT) di Parbuluan V. Di KPT Bupati Eddy Berutu mengajak Bobby Nasution untuk melihat lahan KPT yang sudah di tanami holtikultura.

Tak hanya itu, Eddy Berutu juga mengajak Bobby Nasution untuk berbincang dengan para petani yang memiliki lahan di KPT Parbuluan V. Mereka ditanya soal harapannya dengan KPT Parbuluan.

Usai mengunjungi lokasi KPT Parbuluan V, walikota Medan mengapresiasi Langkah Bupati Dairi Eddy Berutu dalam menggagas program KPT di Parbuluan. “Soal KPT ini top, dan Kren,”ucap Bobby Nasution.

Sebelum Bobby Nasution bertolak ke Medan, Bupati Dairi Eddy Berutu mengajak walikota Medan untuk menikmati kopi Sidikalang di kecamatan Parbuluan. Dari Parbuluan walikota Medan menuju Medan. (Adventorial)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button