Uncategorized

Bimtek Aplikasi Puja Indah Digelar Demi Percepatan Pelayanan Publik

DAIRI, pelitarakyat.com- Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri dan Pemerintah Kabupaten Dairi, melakukan kegiatan sosialisasi dan Bimtek (Bimbingan Teknis) penerapan aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah). Kamis-Jumat (24-25/8/2023), di Aula Bappeda Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi, Eddy Berutu diwakili Pj. Sekda Surung CL Bantjin dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong peningkatan pelayanan publik untuk menuju Dairi Unggul.

“Permasalahan yang dihadapi kian kompleks dan tuntutan masyarakat juga semakin bertambah, untuk itu permasalahan tersebut harus dihadapi dengan cara berfikir dan cara kerja yang baru dengan mengedepankan budaya kerja berbasis kreatifitas, inovasi dan kolaborasi, agar layanan kepada masyarakat dapat lebih cepat, mudah, dan berkualitas,” Ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Dairi Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak di Juma Teguh-Tualang Siempat Nempu

Selanjutnya, Surung CL juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Dairi telah membangun kolaborasi dengan berbagai pihak yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Iklan

“Salah satu wujud langka yang telah kita lakukan dalam bidang inovasi daerah adalah Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Aplikasi Perkebbas ini telah berhasil meraih juara III pada perlombaan inovasi daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022,” Ucapnya.

Selanjutnya, narasumber Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Jonggi Tambunan, mengatakan Dalam menggunakan suatu aplikasi tentu harus ada programisasi atau sistem yg harus kita bangun seperti aplikasi berbasis data yang akan dibantu oleh operator agar bisa masuk menggunakan aplikasi dan juga dapat digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga  Bupati Dairi Gaungkan Program Kerjasama Dengan Pemko Medan (Adventorial)

“Tahun 2024 kita dapat gencar melakukan sosialisasi-sosialisasi termasuk internet yang dibangun, setelah kita bangun, kita evaluasi, setelah itu kita melakukan perbaikan monitoring versi 1, Kemudian kita kembangkan versi 2 yg dapat kita gunakan dengan android agar masyarakat dapat mengakses dengan lebih mudah,” Katanya.

Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) merupakan layanan pemerintahan berbagi pakai atau multi-tenant berbasis data input yang dikembangkan untuk mempercepat layanan pemerintahan melalui layanan elektronik dalam satu platform.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button