Politik

Bupati LSM LIRA Pakpak Bharat Besri Berutu : “Musrenbang Jangan Hanya Seremonial Saja”

Pakpak Bharat

PAKPAK BHARAT, pelitarakyat.com-Bupati LSM Lira Kabupaten Pakpak Bharat Besri Anjuan Berutu menekankan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di masing-masing Kecamatan jangan hanya sekedar seremonial, namun harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Jangan sampai Musrenbang jadi seremonial saja tiap tahun, tapi tidak dilaksanakan,” kata Besri, Kamis (02/02/2023) di salah satu Warung Kopi Sindeka.

Bupati LIRA menjelaskan lagi, menurutnya banyak aspirasi masyarakat yang tidak dapat dilaksanakan hingga kini, kalau hanya seremonial saja maka akan membuang waktu dan anggaran.

Baca Juga  Kontribusi Nyata Golkar Akan Menangkan Prabowo-Gibran Sampai 80 Persen Secara Nasional

Musrenbang tingkat Kecamatan bukan sebatas seremonial di atas kertas untuk memuji kewajiban rutin tahunan saja.

Iklan

Lebih dari itu, musrenbang ini harus menjadi skala prioritas pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat untuk direalisasikan.

Ditegaskan, apa yang menjadi hasil Musrenbang ini harus komitmen diusahakan agar terealisasi. Jangan hanya sekedar program tahunan yang harus dilaksanakan untuk mengumpulkan kebutuhan masyarakat, namun nyatanya tidak diusahakan.

Baca Juga  Apreasiasi Demokrat untuk Dinas Pertanian Pakpak Bharat

Pasalnya hingga saat ini masih banyak hasil Musrenbang tahun-tahun lalu yang belum terealisasi, sehingga di tahun ini hal tersebut harus benar-benar diusahakan dengan maksimal.

Untuk itu pelaksanaan musrenbang diharapkan bukan sebatas memenuhi kewajiban rutin saja, tapi ada skala prioritas yang benar-benar terasa realisasinya di tahun mendatang, karena Musrenbang merupakan perencanaan final.

“Pemerintah seharusnya punya konsep dan skema yang jelas untuk membangun masing-masing Kecamatan,”Ujarnya

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button